Langsung ke konten utama

Sekilas Xiaomi Redmi 3; Peningkatan Dua Kali Lipat Baterai dan Processor

Awal tahun ini akan menjadi saat peluncuran bagi smartphone terbaru Xiaomi. Menyusul kakaknya, Redmi Note yang lebih dulu mengeluarkan versi ketiga, kali ini giliran Redmi yang menciptakan trilogy. Berdasar informasi dari Weibo, Xiaomi Redmi 3 akan diluncurkan pada tanggal 12 Januari 2016. Mengenai kapan masuknya dengan resmi ke Indonesia, tentu kita harus duduk manis menunggu kepastian.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 ini dikabarkan akan mengalami peningkatan dalam berbagai hal. Terutama yang mencolok adalah dari kapasitas baterainya yang menjadi 4100 mAh. Ini menarik mengingat di pasaran Indonesia sudah bermunculan smartphone 5 inci berharga murah dengan kapasitas baterai yang jumbo, seperti Alcatel, Lenovo dan Infinix. Dengan baterai sebesar ini, Xiaomi melipatgandakan kapasitas baterainya dua kali lipat dari versi sebelumnya, Redmi 2 yang 2200 mAh. Berita baik untuk mereka para pecinta baterai besar.

Hal lain yang dilipatgandakan adalah processornya yang menjadi octa core dari sebelumnya quad core. Peningkatan lain adalah luas layar yang meningkat menjadi 5 inci dari sebelumnya 4,7 in. Ini berita baik juga untuk pecinta layar besar, namun bila Xiaomi melakukan peningkatan bentang layar tanpa menambah kerapatannya akan berarti mengurangi ketajaman layarnya, meskipun tidak terlalu signifikan, dari 312 dpi menjadi 'hanya' 294 dpi. Bagi pecinta fashion, kehadiran Redmi 3 juga patut ditunggu karena bodynya yang full metal yang tentunya stylish karena diklaim tetap langsing meski berbaterai besar.


Xiaomi Redmi 1s dan Redmi 2
Spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 3 berdasarkan listing dari TENAA adalah sebagai berikut:
- Octa Core processor clocked 1,5 GHz
- Layar 5 inchi HD TFT LCD 
- 2GB RAM
- 16GB internal memori dengan slot microSD
- Kamera utama 13MP dan 5MP kamera depan
- Baterai 4100 mAh.

Belum ada informasi yang pasti mengenai processor yang akan digunakan, tetapi beberapa analis Cina menyebutkan bahwa Xiaomi Redmi 3 akan dipersenjatai dengan Snapdragon 616 pada kecepatan 1,7 GHz. Sayangnya, Redmi 3 kemungkinan akan diluncurkan dengan masih menggunakan Android 5.1 Lollipop namun seharusnya mendapatkan upgrade ke 6.0 Marshmallow.


Xiaomi Redmi 3
Spesifikasi sebenarnya tentunya harus menunggu peluncuran resminya, apakah semua spekulasi di atas benar-benar akan muncul pada Redmi 3.

Bagaimana dengan harganya? Tentunya akan lebih mahal mengingat peningkatan spesifikasi dan konstruksi bodynya yang terbuat dari metal. Namun Xiaomi juga harus ingat bahwa strategi mereka adalah meluncurkan smartphone terbaik dengan harga murah, maka seharusnya banderol harganya tidak terpaut jauh dengan versi terdahulu Redmi 2, dan tidak boleh berada di atas kakaknya Redmi Note 3 maupun Mi4i. Bila pada awal peluncurannya dulu Redmi 2 dihargai 1,599 juta, dan Redmi 2 Prime 1,749 juta, maka seharusnya Redmi 3 bisa berada di kisaran 1,899 juta s.d 2,099 juta. 

Bagaimana menurut Anda? (RG-2016)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Tidak Membeli Lenovo A6000; Review Singkat (2 dari 2)

Sebagaimana semua device, di balik setiap kelebihan selalu ada kekurangan. Terlebih pada smartphone dengan harga yang terjangkau . Setelah membahas kelebihannya, berikut kami sajikan kelemahannya. Alasan kenapa Anda tidak perlu membeli Lenovo A6000, atau kelemahan dan kekurangan dari Lenovo A6000 antara lain sebagai berikut: Baca juga ulasan sebelumnya: 17 Alasan Kenapa Sebaiknya Membeli Lenovo A6000 1. Tanpa perlindungan layar. Lenovo A6000 memiliki bentang layar yang tergolong lebar sehingga rentan terpapar benda lain selain jari tangan kita. Sayangnya, dengan layar selebar 5 inchi, Lenovo tidak membekali layar A6000 dengan proteksi apapun. Tidak ada Gorilla Glass, maupun dragontail. sehingga pengguna harus berhati-hati ketika menggunakannya. Paling tidak, pengguna harus siap dengan proteksi tambahan seperti memasang anti gores atau sekalian tempered glass agar layar menjadi lebih tahan gores dan benturan. Ini tentunya menjadi nilai minus yang cukup signifikan mengingat pesain

ASUS Zenfone 2 Mulai Dijual Di Eropa Seharga 2,5 juta: Harga, Model dan Spesifikasi

Setelah melakukan debutnya di China lebih dari sebulan yang lalu, ASUS Zenfone 2 akhirnya dijual bebas di Eropa sejak 31 Maret 2015. Ada tiga model yang dijual di Eropa, dengan rentang harga mulai 179 euro untuk seri entry-level hingga sekitar 349 euro di seri flagship. Baca juga: ASUS Zenfone 2 Rilis di Beberapa Negara Seri Zenfone 2 yang paling terjangkau adalah ZE500CL, ditawarkan seharga 179 euro atau sekitar 2,5juta. Seperti yang telah diulas di beberapa artikel sebelumnya, seri ZE500CL memiliki spesifikasi layar 5 inchi HD, processor intel Atom Z560, RAM 2GB, dan memori internal 8GB. Kamera utama sebesar 8 megapixel dan baterai sebesar 3000mAh. Seri ini dilengkapi dengan microSD card. Seri selanjutnya ZE550ML yang merupakan kelas menengah dibanderol 249 euro atau sekitar 3,5juta. Seri ini memiliki layar 5,5 inchi berkualitas HD, prosessor Intel Atom Quad Core, RAM 2GB, dan memori internal 8GB. Seri ini sudah support dual sim dan dibekali kamera 13 megapixel dengan bater

Resume Alcatel Flash 2; Smartphone Mobigraph Berdesain Unik

Setelah sukses dengan peluncuran produk perdananya di Indonesia, Alcatel Flash Plus -meskipun bukan produknya yang pertama- dengan menggandeng lazada untuk pembelian secara online, bulan September 2015 kemarin, Alcatel kembali merilis smartphone terbarunya dengan masih menggunakan istilah Flash, yakni Alcatel Flash 2. Kali ini dengan perubahan yang signifikan baik dari segi desain maupun dari spesifikasi. Selama kurang lebih 4 bulan lamanya sejak dilaunching, Lazada sebagai pihak yang secara eksklusif memasarkan Alcatel Flash 2 mengklaim bahwa Alcatel Flash 2 masuk dalam jajaran produk terlarisnya akhir tahun kemarin. Sampai saat inipun, Alcatel Flash 2 masih dapat dibeli online di Lazada. Bagaimana dengan spesifikasinya? Secara singkat antara lain: - Processor Mediatek MT6753 OctaCore Cortex-A53; GPU Mali T720MP3 - Layar 5 inchi HD 720p, dengan proteksi Dragon Tail - RAM 2GB - Internal storage 16GB dilengkapi slot micro SD hingga 128GB plus support USB OTG - Kamera utama 1